UNPARI Beri Keringanan Biaya Kuliah, Hafidz Alquran Dapat Potongan Uang Pembangunan 50 persen

Diposting pada tanggal 1 Februari 2024

Universitas PGRI Silampari (UNPARI) telah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2024/2025. 

Pendaftaran PMB UNPARI Gelombang 1 berlangsung sejak Januari sampai Mei 2024. Sementara PMB UNPARI Gelombang 2 akan berlangsung Juni hingga Agustus 2024.

Kampus UNPARI yang hingga Mei 2024 membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 Gelombang 1

 
Sebagaimana PMB tahun–tahun sebelumnya, UNPARI akan mengadakan  tes Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara setiap minggu sejak awal penerimaan pada pukul 09.00 sampai 12.00 WIB. 

Sementara pengumuman mahasiswa yang diterima, disampaikan setiap akhir tes CAT.

Rektor UNPARI Dr. H. Rudi Erwandi menerangkan, registrasi mahasiswa baru PMB Gelombang 1 dimulai sejak 1 Januari sampai 30 Mei 2024. Registrasi mahasiswa baru PMB Gelombang 2 dilaksanakan mulai 1 Juni sampai 31 Agustus 2024.

Untuk diketahui, sejak menjadi UNPARI, kampus yang tadinya terkenal dengan sebutan STKIP PGRI Lubuklinggau itu memiliki 3 fakultas.

Pertama, Fakultas Sains dan Teknologi menaungi Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Fisika, Prodi Pendidikan Biologi, Prodi Teknologi Informasi dan Prodi Ilmu Komputer. 

Sementara Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, menaungi Prodi Pendidikan Sejarah, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar).

Sementara untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis menaungi Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Prodi Desain Komunikasi Visual, Prodi Sosial Ekonomi Pertanian dan Prodi Kewirausahaan.

 “Kami juga ada Program Pascasarjana S2 Prodi Pedagogik (Ilmu Pendidikan). Dan yang dalam proses pengusulan ada Prodi S2 Manajemen Pendidikan,” jelas Rudi Erwandi.

Selain dosen dan perkuliahannya yang berkualitas, yang jadi daya tarik mahasiswa baru masuk UNPARI karena kampus yang terletak di Jl Mayor Toha, Kelurahan Air Kuti ini memberikan keringanan biaya.

Berupa, bebas uang pendaftaran bagi calon mahasiswa yang mendapat rangking 1 sampai 5 di kelas XII (SMA/MA/SMK) dibuktikan dengan foto copy rapor.

Keringanan lainnya, bebas uang pendaftaran juga berlaku bagi calon mahasiswa yang berprestasi individu pada bidang non akademik juara 1 sampai 3 di tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota dibuktikan dengan menunjukkan piagam penghargaan asli.

Selain itu, keringanan biaya juga diberikan UNPARI berupa potongan biaya pembangunan sebesar 25 persen diberikan kepada mahasiswa yang berprofesi sebagai guru PNS atau non PNS dibuktikan dengan fotocopy Kartu Anggota PGRI dan SK mengajar (SK kepala daerah dan SK Ketua Yayasan).

Potongan biaya pembangunan sebesar 25 persen juga diberikan kepada mahasiswa anak seorang guru dibuktikan dengan fotokopi kartu keluarga dan Kartu Anggota PGRI atau SK mengajar orang tua.

Keringanan biaya juga diberikan potongan biaya pembangunan sebesar 50 persen kepada mahasiswa yang hafal Alquran minimal 3 juz.

Bahkan bagi calon mahasiswa yang mendaftar pada program studi Desain Komunikasi Visual bebas uang pembangunan 100 persen.

Bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu secara ekonomi diberi kesempatan untuk mengajukan beasiswa.

Beasiswa yang telah diterima mahasiswa UNPARI yaitu beasiswa unggulan, Beasiswa KIP Kuliah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta Beasiswa Perbankan.

Bagi tenaga pendidik atau guru honorer di wilayah Provinsi Sumatera Selatan diberikan kesempatan untuk mengajukan beasiswa kualifikasi guru honor dari Gubernur Sumsel.

Sebab hingga tahun 2023 sebanyak 1.627 mahasiswa UNPARI telah menerima beasiswa kualifikasi guru honor.

Informasi pendaftaran online www.pmb.unpari.ac.id informasi pendaftaran di kampus UNPARI hubungi 0733 451 432.

Untuk syarat pendaftaran S1, berijazah SMA/MA maupun SMK,SPG sederajat, berijazah D2 atau D3 kependidikan bagi calon mahasiswa ahli program S1, membayar uang pendaftaran sebesar Rp200.000 untuk pendaftar PMB gelombang 1 dan Rp 250.000 untuk pendaftar PMB gelombang 2, mengisi formulir pendaftaran, menyerahkan fotokopi ijazah yang telah legalisir 1 lembar dan menyerahkan pas foto 3x 4 cm 2 lembar.

Versi cetak

Related Keywords

beasiswa, keringanan biaya, unpari

Artikel Terkait


Mahasiswa Pendidikan Biologi Lolos Program PFMUDA Pertamina

Mahasiswa Pendidikan Biologi Lolos Program PFMUDA Pertamina

8 Agustus 2024
PFMUDA Program PFmuda merupakan ajang adu kreativitas gagasan anak muda Indonesia untuk menuntaskan berbagai isu sosial di lingkungan sekitarnya. Program PFmuda merupakan sebuah ko...


Selain Pedagogi, S2 Universitas PGRI Silampari Punya Prodi Manajemen Pendidikan

Selain Pedagogi, S2 Universitas PGRI Silampari Punya Prodi Manajemen Pendidikan

1 Juli 2024
LUBUKLINGGAU, KORANLINGGAUPOS.ID – Sebagai kampus yang ingin terus berkontribusi untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di Kota Lubuklingga...


Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Unpari berhasil menorehkan prestasi yang gemilang

Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Unpari berhasil menorehkan prestasi yang gemilang

13 Desember 2023
Lubuklinggau - Mahasiswa Pendidikan Biologi Unpari berhasil menorehkan prestasi yang gemilang pada event bergengsi nasional Abdidaya Ormawa 2023 Program PPK Ormawa, yang ...


Kabar Baik untuk Guru di Bumi Silampari, UNPARI Selenggarakan PPG Bahasa Indonesia dan Matematika

Kabar Baik untuk Guru di Bumi Silampari, UNPARI Selenggarakan PPG Bahasa Indonesia dan Matematika

20 November 2023
LUBUKLINGGAU – November 2023, seluruh program studi (prodi) di Universitas PGRI Silampari (UNPARI) sudah terakreditasi baik sekali. Bahkan perpustakaan Kampus Cemerlang...


Prospek Alumni Pascasarjana Pedagogi Bisa Jadi Dosen, Berikut Cara Mendaftar Kuliah S2 di UNPARI

Prospek Alumni Pascasarjana Pedagogi Bisa Jadi Dosen, Berikut Cara Mendaftar Kuliah S2 di UNPARI

20 November 2023
Lubuklinggau - Kampus Universitas PGRI Silampari (UNPARI) Lubuklinggau resmi telah membuka program S2 (Magister) Program Studi Pedagogi (Ilmu Pendidikan). “Dengan ...


Universitas PGRI Silampari Buka S2 Pedagogi

Universitas PGRI Silampari Buka S2 Pedagogi

20 November 2023
Lubuklinggau - Kabar gembira untuk seluruh guru, khususnya di Bumi Silampari dan sekitarnya. Pasalnya Kampus Universitas PGRI Silampari (UNPARI) Lubuklinggau kini sudah membuka pen...